Terungkap!!!! Inilah Berbagai Manfaat Daun Pepaya Yang Luar Biasa

Terungkap!!!! Inilah Berbagai Manfaat Daun Pepaya Yang Luar Biasa - Pepaya yang asli dari Meksiko ini, adalah salah satu buah yang mudah dijumpai dimanapun seperti di pasar tradisional maupun supermarket. Penggemar buah dengan nama lain Carica papaya satu ini pun juga banyak dari berbagai kalangan, karena rasa dari buah pepaya yang manis dan juga teksturnya yang lembut tidak membuat gigimu harus mengunyahnya terlalu lama.
Perlu kamu ketahui, daun pepaya juga mempunyai kandungan anti kanker yang dapat membantu dalam penyembuhan kanker melalui terapi obat herbal dalam kurun waktu tertentu secara berkelanjutan. Salah satu hormon dalam tubuh yang bisa membantu penyembuhan penyakit kanker ketika seseorang rutin mengkonsumsi olahan daun pepaya dari air rebusannya, jus daun pepaya, maupun dalam olahan makanan adalah hormon Th1 tipe sikotin.
Rasa pahit memang pada berbagai jenis makanan membuat sebagian orang menghindarinya. Padahal rasa pahit yang terkandung dalam makanan tersebut terkadang mengandung zat yang baik bagi tubuh. Sebagaimana rasa pahit pada daun pepaya. Meskipun rasa pahit pada bahan ini dapat diatasi saat mengolahnya menjadi sayur, sehingga banyak yang menyukainya. Rasa pahit di balik daun dan pepaya inilah yang menyimpan segudang khasiat daun pepaya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.
Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan daun pepaya memiliki Tocophenol sebanyak 35 mg dalam setiap 100 mg. Sedangkan pada daun pepaya yang masih muda terkandung enzim papain. Enzim ini biasanya identik dengan getah berwarna putih kental yang berfungsi untuk memecah protein, karena bersifat proteolithik.
Sedangkan pada daun pepaya tua mengadung senyawa fenolik. Namun secara umum daun pepaya mengandung papain 10 %, khimoprotein 45 %, dan lisozim 20 %. Enzim khimoprotein akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan poplipetida. Sedangkan enzim lisizim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri.
Sementara itu, rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba.
Pohon pepaya sendiri biasanya bisa mencapai 2-3 meter bahkan lebih pada usia pohon pepaya yang sudah tua. Selain buahnya yang terkenal nikmat apalagi dalam keadaan dingin, daun pepaya juga menyimpan kasiat yang tidak kalah bermanfaatnya bila dikonsumsi.
Hanya saja, dalam mengkonsumsinya bisa melalui berbagai cara sesuai dengan kebutuhan penyembuhan atau sebagai penjaga nutrisi yang baik bagi tubuh. Sayangnya, banyak yang lebih dulu ogah mengkonsumsi daun pepaya karena rasa daunnya yang terkenal pahit jika dijadikan sebagai olahan jamu atau ketika salah cara pengolahannya.
Untuk ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengkonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASInya. Tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun sekarang ini daun pepaya juga bisa diolah dalam bentuk makanan rumahan.
Untuk mengolahnya tentunya harus dengan  proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa. Atau kamu juga bisa menempelkan satu helai daun pepaya yang sudah kamu layukan diatas api pada masing-masing area payudara.
Bagi mereka yang rajin mengkonsumsi daun pepaya dalam olahan apapun  baik dalam bentuk jamu, lalapan, ataupun menu masakan rumahan manfaat yang akan diperoleh adalah tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan banyak rambut di kepala yang rontok ketika disisir.
Kandungan yang terdapat pada daun pepaya mampu menguatkan rambut sampai ke dalam kulit kepala. Kandungan Magnesium yang ada pada daun pepaya inilah yang bisa membantu mengurangi kerontokan dan menguatkan rambutmu. Tidak heran, jika banyak produk perawatan rambut yang juga menambahkan ekstrak daun pepaya dalam produknya.
  1. Menjaga kesehatan kulit. Kamu takut kulitmu kering dan bersisik? Kandungan daun pepaya yang kaya dengan vitamin A, C, dan E adalah  kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulitmu dan menjaga kelembabannya. Untuk itu kamu harus rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal. Beberapa produk kulit juga menambahkan esktrak pepaya dalam komposisi produknya.
  2. Menghambat peradangan pada luka. Ketika kamu mengalami luka bakar pada bagian kulit tubuhmu, jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat seringkali luka bakar itu akan mengalami peradangan seperti lebih terasa panas dan juga timbul luka. Kandungan papain dan chymopapain yang terdapat pada daun pepaya bisa meredakannya. Caranya, kamu bisa meletakkan beberapa helai daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka bakar yang ada di kulitmu. Jenis pengobatan seperti ini biasa dikenal dengan bobok yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional kuno.
  3. Mengurangi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang biasa dialami oleh mereka yang berusia dewasa. Biasanya ditandai dengan kondisi yang mudah pusing saat tensi darah sedang naik dan secara psikologis biasanya orang yang mempunyai tekanan darah tinggi gampang terbawa emosinya. Caranya, kamu bisa meminum air rebusan daun pepaya ini sebanyak 5 lembar daun pepaya yang direbus sampai air mendidih lalu pisahkan air rebusannya untuk diminum.  Kalau kamu tidak suka dengan rasa pahitnya, kamu bisa menambahkan sedikit madu.
  4. Melancarkan pencernaan. Selain bermanfaat bagi kesehatan rambut, daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan terutama pada organ usus 12 jari. Karena daun pepaya yang dikonsumsi mampu menyerap bakteri-bakteri jahat dalam usus akibat makanan – makanan yang tidak sehat dan mengeluarkannya melalui proses terakhir dari pencernaan
  5. Menambah nafsu makan. Anak - anak atau anda yang dewasa sedang tidak nafsu makan ? Tenang, dengan cara dan tradisional kamu bisa rajin - rajin mengkonsumsi olahan daun pepaya baik olahan jamunya atau diolah sebagai lauk makanan. Walaupun tidak secara langsung, namun kalian harus mengkonsumsinya secara berkelanjutan agar nafsu makan anak - anak atau orang dewasa seperti kalian dapat kembali pulih. Bagi kamu yang ingin selalu tampak awet muda, mengkonsumsi daun pepaya yang kaya dngan kangdungan anti oksidan bisa menjadikannya sebagai masker herbal kemudian dioleskan pada bagian muka adalah cara jitu untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan saja secara rutin karena tidak ada yang instan dari terapi yang berasal dari bahan herbal. Namun manfaat untuk kesehatan adalah jaminan pasti sebagai hasil dari proses yang dilakukan secara rutin.[hk]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel